Berita TerkiniJawa BaratUKM

Lima UMKM Jabar Tembus Pasar Korea Selatan

BANDUNG – Membanggakan! Lima produk UMKM asal Jawa Barat berhasil menembus pasar Korea Selatan. Kelima cemilan tersebut yaitu keripik singkong, ubi, tempe, pisang dan kerupuk kulit yang sudah melakukan kajian terkait kebutuhan pasar global.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji mengatakan jika cemilan yang diekspor merupakan cemilan yang disukai oleh warga Korea Selatan.

“Itu karena cocok untuk pasangan minuman penghangat,” ungkap Kusmana dilansir antara, Sabtu (03/04/21).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memiliki program khusus untuk UMKM, yakni UMKM Juara. Dalam program tersebut Kusmana mengatakan jika pihaknya akan terus mendorong peningkatan kualitas produk UMKM untuk bisa menembus pasar luar negeri.

“Totalnya yang diekspor sebanyak tiga container, satu kontainernya sekitar 20 ton. Kalau dirupaihakn sekitar Rp. 850 juta,” lanjutnya.

Sebelum melakukan tahapan ekspor, kelima UMKM tersebut sudah melakukan pendampingan selama enam bulan bersama UMKM lain yang masuk ke dalam program UMKM Juara. Tak sembarangan UMKM bisa masuk ke dalam UMKM Juara, ada syarat khusus yang dimiliki yaitu harus memproduksi sendiri, harus kontinyu dan memiliki omzet yang baik.

“Penyedia jasa akomodasi dan makanan minuman sebanyak 867 ribu dan industri pengolahan 612 ribu,” ungkapnya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: