Adikarya ParlemenBandung Terkini

Melihat Pengolahan Sampah di Sarijadi, Kang Haru Mendukung Program dan Kegiatannya

BANDUNG – Sampah selalu menjadi persoalan dimanapun, semakin hari sampah semakin menumpuk. Tugas kita sebagai manusia yang memiliki akal, harus memikirkan bagaimana cara mengolah sampah untuk menjadi olahan yang bermanfaat. Sebagai masyarakat Kota Bandung harus bangga, karena program yang diadakan Kota Bandung yakni Kang Pisman mampu menjawab pertanyaan tersebut.

Di Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, terdapat tempat pengolahaan sampah yang patut diberi apresiasi tinggi. Sampah-sampah yang telah dibuang oleh masyarakat, mampu dijadikan lebih bermanfaat, salah satunya menjadi pupuk kompos dan adapula yang dimanfaatkan menjadi barang bekas.

Melihat proses pengolahan sampah yang luar biasa, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dr. Haru Suandharu, S. Si., M. Si., mengatakan jika tempat pengolahan sampah di Kelurahan Sarijadi merupakan tempat yang luar biasa,

“Tempat ini luar biasa, yang awalnya tempat kosong dengan tumpukan sampah dan sekarang bisa menjadi tempat yang sangat bermanfaat,” ungkap Haru.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Dedy Dharmawan, S. Pd., M. Mpd., mengatakan jika dahulu sebelum menjadi tempat pengolahan sampah, tempat tersebut merupakan tempat kosong yang tak berpenghuni. Karena dianggap akan sia-sia jika dibiarkan saja, membuat masyarakat sekitar dan pemerintah mencoba untuk membuat tempat kosong menjadi tempat yang lebih bermanfaat.

“Kenapa tempat ini ada, karena bagi saya zero waste itu melaksanakan Kang Pisman secara tuntas dengan menyelsaikan masalah sumber sampah bukan memindahkan masalah ke lokasi lain,” ucap Dedy.

Tempat pengolahan sampah yang sudah berada sejak tahun 2017 ini dikelola secara bersama-sama. Dengan tekad dan niat ingin membuat Kota Bandung menjadi kota yang terbebas dari sampah, maka tempat pengolahan sampah yang ada di Kelurahan Sukajadi selalu terawat dan selalu bermanfaat.

“Saya ingin kebaikan ini diduplikasikan disetiap keluarahan, bahkan di RW juga bisa melaksakan ini. Saya berharap kebaikan yang dilaksanakan seperti ini bisa diformulasikan,” ungkap Kang Haru.

Tak hanya itu, Kang Haru dengan berkomitmen akan membantu agar program pengolahan sampah bisa berjalan terus, salah satunya dengan mengusulkan penganggaran belanja modal untuk pengolahan sampah.

“Insya allah saya berkomitmen untuk sama-sama perjuangan ini supata bisa bergulir dan sehingga sampah bukan lagi menjadi masalah di Kota Bandung,” harap Haru.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: