Berita TerkiniOtomotif

Memanaskan Mobil Jangan Hanya Diam Perlu Dijalankan

BANDUNG – Agenda memanaskan mesin mobil jadi kebiasaan yang dilakukan banyak pemilik kendaraan untuk mobil yang sudah berminggu-minggu tidak digunakan.

Memanaskan mobil yang sudah lama tidak digunakan bertujuan untuk mengecek kinerja mesin apakah masih bekerja dengan baik.

Selain itu, memanaskan mobil dapat menstabilkan kondisi aki. Dengan memanaskan mobil, pasokan listrik pada aki dapat terisi kembali.

Pasalnya jika mobil tidak digunakan hingga berminggu-minggu lamanya, daya listrik dalam aki dapat berkurang.

Namun, memanaskan mobil tidak hanya membiarkannya menyala selama beberapa menit dan ditinggalkan.

Muhammad Zuhdi selaku Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor memberikan tips saat memanaskan mobil agar lebih efektif.

“Pertahankan putaran mesin pada 2000-3000 rpm selama kurang lebih lima menit. Setelah itu nyalakan beban-beban kelistrikan (seperti radio, lampu, dan AC). Ini bertujuan supaya aki otomatis terisi pasokan listrik oleh putaran alternator yang dihasilkan dari kerja mesin,” kata Zuhdi beberapa waktu lalu.

Saat memanaskan mobil yang sudah lama tidak digunakan, disarankan untuk tidak hanya menyalakan mesin saja.

Akan lebih baik lagi jika memanaskan mesin mobil dengan mengendarainya berkeliling sekitar lingkungan rumah agar ban ikut berotasi.

Kegiatan memanaskan mesin mobil ini tidak perlu dilakukan tiap hari agar tidak membuang-buang bahan bakar. Cukup lakukan sekali dalam 7-10 hari.

Source: kompas.com

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: