Bandung Terkini

Membuat Cara dan Tips Eco Enzyme, Cairan yang Dibutuhkan Seluruh Masyarakat

BANDUNG – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengajak warga Kota Bandung untuk membuat eco enzyme. Cairan yang bisa digunakan untuk mengobati tanah dan membersihkan air yang tercemar.

Dilansir dari Humas Kota Bandung, eco enzyme adalah cairan hasil fermentasi campuran antara sampah organik berupa sayuran atau buah-buahan dengan molase gula tebu atau bisa juga gua aren. Manfaat eco enzyme sangat beragam dari mulai mengobati tanah, membersihkan air tercemar, hingga membantu memudahkan pertumbuhan tenaman.

Jika ingin membuat eco enzyme dirumah, ini lah tips dan cara membuat yang dilansir dari Instagram @dpukotabandung :

  1. Rasio dalam perbandingan berat yaitu 1:3:10. Dengan rincian perbandingan 1 untuk molase dari gula merah atau gula aren; perbandingan 3 adalah kombinasi potongan buag dan sayuran yang tidak busuk dan tidak mengandung alcohol; perbandingan 10 yaitu air bersih.
  2. Untuk media, gunakalanlah tong dengan kapasitas 60 liter dengan rincian tong hanya boleh diisi 2/3 atau 40 liter air. Sehingga molasenya berbanding 10 (empat liter).
  3. Lalu masukan campuran sayuran dan buah dengan perbandingan 3. Molase perbandungan pertama yaitu 4 liter, sehingga harus dikalikan perbandingan 3. Jadi 3×4=12, maka masukan 12 kg sayuran dan buah-buahan.
  4. Setelah bahan dimasukkan, aduklah secara merata dan dianjurkan untuk ditutup rapat menggunakan plastic dan karet. Pengadukan ulang setelah hari-7, kemudian tutup lagi, lalu aduk lagi di hari ke-30. Jadi terdapat tiga kali pengadukan
  5. Dianjurkan eco enzyme tidak terkena sinar matahari, sehingga bisa dipanen setelah 3 bulan.

Selamat mencoba!!

 

Source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: