Berita TerkiniEkonomi

Menjelang Hari Raya Stok Beras Tak akan Menipis

BANDUNG – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menjamin tidak akan mengimpor beras. Karena hingga saat ini stok beras Perum Bulog masih dinilai mencukupi atau cadangan beras pemerintah (CBP) tidak menipis. Sebelumya ada usulan akan ada impor beras 1 juta ton melalui Bulog, namun usulan tersebut tidak terealisasi karena stok CBP tak menipis.

“Saya jamin tidak ada impor beras ketika panen raya dan hari ini tidak ada beras impor yang menghancurkan petani. Karena memang belum ada impor,” lanjutnya.

Dilansir cnnindonesia, Bulog menyimpan CBP sebanyak 800 ribu ton dengan rincian 300 ribu ton berasal dari stokk beras impor 2018 yang kemungkinan tak bisa dilepas ke pasar. Sehingga total jumlah CBP Bulog sebanyak 500 ribu ton. Namun Bulog masih membutuhkan cadangan 1 juta ton untuk menjamin stabilitas harga yang diperkirakan pelepasan pasar sebanyak 80 ribu ton perbulan.

“Jadi hitungan saya, stok akhir Bulog yang kira-kira 800 ribu itu dikurangi stok yang berasal dari impor 2018 itu 300 ribu, berarti Bulog itu stoknya seperti bisa dihitung hanya mungkin tidak mencapai 500 ribu,” lanjutnya.

Meski sudah dinyatakan cukup, Lutfi masih merasa khawatir dengan stok CBP menjelang hari raya. Karena sejak awal Januari, Bulog hanya bisa menyerap sebanyak 5 ribu ton gabah petani dan itu dirasa masih kurang.

Pasalnya, Bulog memiliki ketentuan tersendiri mengenai kualitas gabah yang akan diserap dari petani. Syarat tersebut membuat Bulog baru bisa menyerap sebanyak 85 ribu ton gabah dari petani. Jumlah tersebut dirasa kurang sehingga membuat Lutfi sedikit khawatir.

“Yang saya lihat di lapangan hari ini, pada Maret, hampir habis. Bulog baru bisa menyerap 85 ribu gabah petani, bukan salah Bulog karena mereka punya syarat ketika beli beras petani seperti syarat kekeringan yang terjadi hujan tidak berhenti dan secara peraturan Bulog tidak bisa beli beras tersebut,” lanjutnya.

Lutfi menegaskan tidak akan terjadi kelangkaan beras dan tingginya harga. Karena beras merupakan salah satu komoditas pangan yang paling penting di Indonesia, sehingga tidak mungkin kekurangan stok.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: