Berita TerkiniCovid-19Ekonomi

Mensos Tri Rismaharani Menghapus Santunan Covid-19, Ternyata Ini Alasannya

BANDUNG – Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini menghapus kebijakan santunan Covid-19 yang akan diberikan kepada ahli waris korban Covid-19. Santunan kematian tersebut diberikan kepada ahli waris dari pemerintah senilai Rp. 15 juta ditahun 2020. Namun kebijakan tersebut tidak berlaku ditahun 2021.

Risma mengatakan jika dihapusnya santunan Covis-19 karena adanya beberapa faktor, diantaranya kekurangan uang dan salah administrasi. Seharusnya kebijakan tersebut dikeluarkan oleh pejabat setingkat menteri bukan pejabat setingkat dirjen.

“Sebetulnya itu gaboleh, sudah melampaui kewenangan dari Direktur (Dirjen). Pertama, itu kesalahan administrasi. Kedua, saat itu tidak dihitung berapa jumlah korban. Sehingga saat itu kurang duitnya. Untuk tahun lalu saja kekurangan uang,” ujar Risma, dilansir detikcom, Minggu (28/02/21).

Baginya tidak mungkin meneruskan program namun mengurangi jumlah dana untuk bantuan sosial dan bencana alam, maka dari itu langsung saja Risma memutuskan untuk menghentikan kebijakan pemberian santunan korban Covid-19.

“Saya ngomong ‘loh ini kan gamungkin’ terus waktu itu diminta mengajukan, padahal kita sendiri anggaran di kementerian, seluruh kementerian itu dipotong. Terus dapat dari mana uangnya, jadi gamungkin saya mengada-ngadakan juga dari mana. Kan gamungkin yang besar di Kemensos untuk bantuan sosial itu warga sudah menunggu, gamungkin dipindah,” lanjutnya.

Banyaknya bencana yang sedang terjadi di Indonesia membuat Kemensos putar otak masalah santunan-santunan yang akan diberikan kepada korban bencana alam. Bahkan Risma harus memangkas anggaran yang dirasa tidak diperlukan.

“Sedangkan santunan untuk bencana alam kemarin saya hitung yang bisa hanya 3.000 kurang lebih Rp. 9 miliar. Itu pun saya coba revisi ada penadaan untuk truk, saya hapus, semua diubah untuk penanganan bencana. Karena banyak berurutan bencana musibah dari seluruh nusantara ini,” tuturnya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: