Bandung Terkini

Oded Ajak Warga Kelola Sampah Sedari Rumah

BANDUNG – 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Untuk memperigati momentum ini, Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih peduli terhadap pengelolaan sampah.

“Saya mengimbau kepada warga, Kota Bandung khususnya, dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang akan diselenggarakan pada 21 Februari. Mari kita jadikan hari peringatan ini sebagai momentum untuk lebih peratian lagi terhadap pengelolaan sampah,” ujar Oded, dilansir Humas Kota Bandung, Minggu.

Jika bisa menangani sampah dengan baik maka hal itu sama dengan mengurangi jumlah sampah yang terbuang setiap harinya. Tentu saja hal itu pula dapat meminimalisir bencana banjir yang seringkali diakibatkan karena sampah. Oded meminta kepada seluruh masyarakat Kota Bandung untuk menangani sampah dimulai dari rumah masih-masing yang dihasilkan sehari-hari.

Program-program terkait penanganan sampah dan lingkungan sudah diciptakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung seperti Gerakan Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah (Kang Pisman), Buruan SAE dan Bank Sampah. Program tersebut tercipta agar Kota Bandung menjadi Kawasan Bebas Sampah (KBS).

Saat ini, dilansir Humas Kota Bandung KBS di Kota Bandung berjumlah 143 RW dan 2 kelurahan. Sedangkan program Bank Sampah akan terus berkembang dan diketahui sekarang banyak sekali masyarakat yang terkait dengan pengelolaan sampah di Bank Sampah.

Tema HPSN 2021 yaitu ‘Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”. Oded mengharapkan tema tersebut dan program-program yang ada di Kota Bandung dapat sejalan untuk mengurangi sampah atau menjadikan sampah untuk dapat lebih bermanfaat dan bernilai bagi masyarakat.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: