Berita TerkiniJawa Barat

Pakar Hidrologi Mengungkapkan Faktor Terjadi Banjir di Jawa Barat

BANDUNG – Hujan terus mengguyur beberapa daerah di Indonesia dan efek dari hujan deras tersebut ada beberapa daerah yang dilanda musibah banjir. Salah satu daerah tersebut yakni Jawa Barat. Dilansir kompas.com, Pakar Hidrologi dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran Prof. Chay Asdak mengatakan jika faktor cuaca dan iklim serta degradasi hutan turut menjadi faktor meningkatnya bencana hidrometereologi di Jawa Barat.

“Melihat kondisi alamnya yang bergunung-gunung, maka hujan orografis banyak terjadi di Jabar,” ujar Prof. Chay, dilansir kompas.com, Minggu (21/02/21).

Wilayah pantai utara Jawa Barat sedang dilanda banjir, salah satunya Subang. Prof. Chay mengungkapkan banjir tersebut terjadi karena tingginya hujan yang terjadi di wilayah tengah dan pesisir utara dan fenomena air laut yang pasang.

Dilansir kompas.com, melihat kontur kawasan utara yang lebih rendah, hujan di kawasan tengah yang notabene wilayah dataran tinggi akan menyebabkan air melimpah lebih banyak ke kawasan utara. Apalagi saat ini sisi tata ruang, degradasi lahan dan hutan massif terjadi.

Banyaknya alih fungsi hutan menjadi lahan kepentingan budidaya maupun komersial di Jawa Barat membuat makin kurangnya tempat untuk meresap air hujan. Jika hal ini terus terjadi maka banjir dipastikan akan terus terjadi.

“Ini yang menjadi tantangan besar, kita masih kesulitan dalam menindak penyimpangan lanskap oleh petani dibandingkan oleh industri,” tuturnya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: