Berita TerkiniJawa Barat

Pemkab Bandung: Jangan Buang Sampah ke Sungai Citarum dan Peliharalah Citarum

BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bersama Kodam III Siliwangi melakukan penanaman pohon dan penaburan bibit ikan di Sektor 7 Citarum Harum, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Sabtu (23/01/21). Kegiatan tersebut dilakukan agar sungai mampu dinikmati kembali fungsinya seperti sedia kala.

Pemkab Bandung akan terus mengajak masyarakat untuk ikut terlibat langsung dalam berbagai program lingkungan, khususnya Program Citarum Harum. Karena kesadaran masyarakat terhadap lingkungan merupakan salah satu kunci keberhasilan dari program yang akan dijalani.

“Pemkab Bandung akan terus memberikan dukungan kepada jajaran TNI Polri dalam menyukseskan program ini. seperti kita ketahui bersama, Sungai Citarum bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, TNI dan Polri saja, namun masyarakat juga ikut andil di dalamnya,” ujar Wakil Bupati Kabupaten Bandung, Gun Gun Gunawan, dilansir Humas Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan jika Sungai Citarum merupakan urat nadi masyarakat Jawa Barat (Jabar). Maka dari itu, perlu adanya sinergitas mengembalikan kondisi Sungai Citarum seperti sedia kala.

“Beberapa tahun lalu kita tercengang dengan adanya pemberitaan tentang Citarum yang menjadi sungai terkotor di dunia. Oleh sebab itu, pemerintah dalam hal ini Presiden mengeluarkan PP Nomor 15 tahun 2018, yang isinya untuk mengembalikan Sungai Citarum seperti dahulu kala,” ujarnya dilansir Humas Kabupaten Bandung.

Gun Gun dan Nugroho berharap masyarakat Jawa Barat khususnya Kabupaten Bandung untuk menjaga Sungai Citarum, jangan pernah mengotori sungai, apalagi buang sampah ke sungai. Karena itu bisa merusak keindahan dan kehidupan di sungai.

source: Humas Kabupaten Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: