Bandung TerkiniCovid-19

Penanganan Covid-19 di Kelurahan Pelindung Hewan Sebagai Zona Merah

BANDUNG –Kecamatan Astanaanyar menjadi salah satu Kecamatan di Kota Bandung yang menjadi zona merah penyebaran covid-19. Salah satu kelurahan di Kecamatan Astanaanyar yang warganya banyak terinfeksi covid-19 yaitu Kelurahan Pelindung Hewan.

Untuk menanggani penyebaran virus, Camat Astanaanyar dan Lurah Pelindung Hewan selaku Ketua Tim Gugus Tugas berjibaku membantu warga yang terinfeksi covid-19. Dimulai dari penyemprotan disinfektan ke setiap rumah warga, membagikan sembako kepada warga yang terpapar covid-19, hingga memberikan himbauan kepada warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal itu dilaksanakan karena sudah menjadi kegiatan Tim Gugus Tugas.

“Lurah sebagai ketua gugus tugas kelurahan bertanggungjawab penuh apabila ada warga yang positif covid-19,” ungkap Hendra Yulianto, S. E. selaku Lurah Pelindung Hewan, Rabu (20/01/21).

Data yang didapatkan Hendra terkait pasien positif covid-19 berasal dari Puskesmas Pelindung Hewan. Setelah mendapatkan informasi dan data, maka Ketua Gugus Tugas  langsung bertindak mendatangi rumah warga dan mengimbau agar warga tersebut tidak melakukan aktivitas di luar rumah agar tak terjadi adanya penyebaran, lalu untuk menanggung kebutuhan sehari-hari Hendra menyerahkan sembako kepada warga yang terinfeksi covid-19.

“Tim gugus tugas di bantu oleh tim gober kelurahan langsung mendatangi warga yang positif covid-19. Jika ada warga yang melakukan swab test dan dinyatakan positif maka akan ada  larangan untuk tidak keluar rumah selama 14 hari,” ujarnya.

Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, maka Hendra selaku ketua gugus tugas selalu mengimbau kepada warganya agar mematuhi protokol keesehatan. Hendra pun mengatakan jika donasi-donasi yang diberikan kepada warganya berasal dari para donatur yang peduli terhadap kebutuhan hidup para pasien positif covid-19, tak luput Camat Astanaanyar Drs. Sukur Sabar pun selalu membantu memberikan sejumlah sembako.

“Selama ini untuk keperluan warga yang terinfeksi didapatkan dari donator, kocek sendiri dan patungan sesama ASN, tidak luput bantuan dari Drs Sukur Sabar Camat Astanaanyar yang ikut membantu memberikan sejumlah sembako,” lanjutnya.

Selain itu, Hendra selaku ketua gugus tugas dan Lurah Pelindung Hewan berharap kepada Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung agar bisa bekerjasama dengan pihak kewilayahan dalam menangani masyarakat yang sudah terbukti positif covid-19. Karena ketika melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan, pasien covid-19 memerlukan bantuan untuk keperluan sehari harin.

“Diharapkan Dinsos dapat bekerjasama dengan kelurahan, setidaknya kelurahan dapat  menyediakan lumbung-lumbung beras di tiap kelurahan supaya pihak kelurahan tidak repot lagi mencari bantuan untuk mengcover kebutuhan masyarakat yang terinfeksi covid-19,” harapnya.

 

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: