Berita TerkiniNasional

Pendaftaran Calon ASN Sudah Dibuka! Berikut Prosedur Singkatnya

BANDUNG – Seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021 akan diselenggarakan secara paralel, meliputi Sekolah Kedinasan, Pegawan Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pendaftaran dapat diakses melalui laman resmi Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN), https://sscasn.bkn.go.id.

Saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mengembangkan platform pendaftaran terintegrasi melalui portal resmi dalam mencakup tiga platform online, yakni Sistem Seleksi CPNS (SSCN), Sistem Seleksi CPNS melalui Pendidikan Kedinasan (SSCN DIKDIN) dan Sistem Seleksi PPPK (SSP3K).

Hal ini dilakukan karena sekarang semua sistem serba online, sehingga harus ada perbaikan dilaman resmi agar mudah diakses oleh calon pendaftar. Pendataan awal akan dilakukan dengan data NIK di Dukcapil.

Untuk pelamar tenaga kependidikan atau guru, SSCASN akan langsung terhubung dengan pengecekan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) untuk validasi data Dapodik yang dikelola Kemendikbud. Sementara, untuk pelamar tenaga kesejatan, SSCASN akan terhubung dengan Surat Tanda Registrasi (STR) atas kerja sama BKN dengan Kemenkes.

Sedangkan untuk pelaksanaan seleksi di luar negeri, BKN telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dalam melaksanakan ujian di 15 negara. Prosedur test untuk seleksi tahun 2020, yaitu:

  1. Sistem CAT BKN akan memfasilitasi SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) bagi CPNS, Sekolah Kedinasan dan PPPK non-guru
  2. Satu juta guru PPPK akan difasilitasi dengan UNBK (Ujian Nasioal Berbasis Komputer) Kemendikbud
  3. Rencana pelaksanaan ASN 2021 diantaranya pendaftaran seleksi Sekolah Kedinasan 2021 diperkirakan akan dimulai April 2021
  4. Seleksi PPPK guru dengan formasi satu juta guru diperkirakan dilaksanakan pada Mei 2021
  5. Seleksi CPNS 2021 dan PPPK (non-guru) dilaksanakan pada Mei 2021

Untuk info lebih lengkapnya mengenai prosedur bisa diakses melalui laman resmi seleksi ASN tahun 2021.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: