Bandung Terkini

Pendataan Warga Miskin Kota Bandung Sudah 99 Persen Akurat

BANDUNG – Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung Tono Rusdiantono memastikan jika pendataan warga tidak mampu di Kota Bandung sudah semakin akurat. Dengan sangat yakin Tono menegaskan jika 99 persen data yang didapatkan Dinsosnangkis tidak akan meleset sama sekali.

“Kita bisa mendata keluarga tidak mampu penerima manfaat. Saat pandemi kita verifikasi dan validasi data miskin dan tidak mampu. Saya jamin 99 persen akurat,” ungkap Tono, dilansir Humas Kota Bandung, Selasa (16/03/21).

Keyakinan Tono tersebut didasari atas kerja keras yang sudah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam memverifikasi dan memvalidasi data sebanyak 500.000 orang. Langkah verifikasi dan validasi dilakukan agar pemberian bantuan menjadi lebih tepat sasaran dan merata.

Tono menyebutkan saat ini bertambah 3.000 orang warga miskin ketika memasuki masa pandemi Covid-19. Lalu mereka sudah dimasukan ke dalam kategori pendataan sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Kalau kita bicara penambahan pada saat kedaruratan pandemi itu ada 136.600 orang khusus DTKS yang dapat bantuan. Sekarang penetapan 2021 jadi 139 ribu orang,” lanjutnya.

Saat ini Pemkot Bandung sudah memiliki sistem saring untuk Jaring Pengaman Sosial (JPS). Akurasi penerima manfaat bisa dicek melalui situs https://jps.bandung.go.id/ dengan hanya memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Alhamdulillah semua warga yang berhak mendapatkan itu semuanya dipastikan mendapatkan bantuan. Apalagi pemerintah kota sudah memiliki Jaring Pengaman Sosial jadi tinggal dimasukin lewat NIK dan itu akan keluar bahwa dapat bantuan jenis apa dan darimana,” tegasnya,

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: