Berita TerkiniUKM

Pengolahan Sampah Kayu Menjadi Produk Berkualitas

BANDUNG – Daur ulang sampah plastik tentu sudah biasa. Namun, apa jadinya jika ada yang mendaur ulang sampah yang berasal dari kayu. Jika ingin mengetahui hasil dari daur ulang sampah kayu, bisa melihat tempat yang bernama Koleksi Jati Belanda, Jalan Cibeunying Kolot, Kelurahan Sadang Serang, Kota Bandung.

 

Enceng Saepudin (64) pemilik Koleksi Jati Belanda mengatakan jika ide usahanya ini berasal dari keisengan beliau setelah menjadi seorang pensiunan. Untuk menghabiskan waktu luang, akhirnya beliau memutuskan untuk menjalani kegiatan yang bermanfaat sekaligus bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

“Saya tertarik dengan banyak barang bekas yang tidak terpakai terutama dari kayu. Bagaimana supaya barang itu bisa berfungsi kembali atau punya nilai dan bisa dimanfaatkan”, ucap Pak Haji Enceng saat ditemui di workshop miliknya.

Barang awal yang memuculkan keinginan beliau mendaur ulang yaitu ketika melihat meja, dipan hingga lemari yang sudah tidak terpakai. Ketika menjalankan proses daur ulang sampah kayu ini, ternyata banyak masyarakat yang tertarik dan kemudian ada pesanan muncul untuk dibuatkan meja, lemari, dipan menggunakan kayu yang berasal dari jati belanda atau kayu pinus.

“Sayapun awalnya mengoleksi jati belanda ini dan ternyata permintaan dari produk jati yang diproduksi sangat banyak. Akhirnya yang memutuskan untuk mengelola secara lebih professional”, lanjut beliau.

Wilayah Bandung Utara sudah mengenal toko atau workshop milik Pak H. Enceng. Karena terbukti terdapat pesanan dengan jumlah banyak yang dihasilkan Koleksi Jati Belanda.

“Gateway apartemen yang di Cicadas itu. Satu apartemen isinya semua produk dari kami. Mulai dari dipannya, meja, lemari, hingga rak dapur. Semuanya hasil karya dari koleksi jati belanda milik saya”.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: