Bandung Terkini

Penyuntikan Vaksin Tahap Pertama akan Dimulai Tanggal 14 Januari 2021

BANDUNG – Tahap pertama vaksinasi di Indonesia sebentar lagi akan dilaksanakan, tepatnya bulan Januari-April 2021. Sudah ada 23.000 SDM kesehatan yang telah mendaftar sebagai penerima vaksin melalui Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK) untuk menerika vaksinasi covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna memastikan Pemkot Bandung akan menerima 43.000 dosis vaksin covid-19 dari PT. Bio Farma. Namun, vaksin tersebut belum diserahterimakan, masih disegel dan disimpan di gudang penyimpanan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Vaksin akan disimpan hingga mendapatkan perintah dari pusat untuk melakukan penyuntikan pertama.

“Pusat ada kick off tanggal 14 Januari, kita sedang mempersiapkan rasanya tidak mungkin kita tidak siap,” ujar Ema.

Calon penerima vaksin tahap pertama yaitu orang-orang yang bekerja di ruang lingkup kesehatan. Dokter, perawat, pekerja lab, hingga office boy dan satpam yang berjaga di rumah sakit, puskesmas dan klinik akan langsung di vaksinasi. Ema mengatakan jika semua hal sudah disiapkan untuk melakukan penyuntikan vaksin pertama kali.

“Sudah ada pelatihan tenaga vaksinator. Lalu nanti ada 180 tempat yang akan dipakai untuk melakukan vaksinasi, diantaranya rumah sakit, puskesma dan klinik,” lanjutnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara menyatakan jika tahap pertama vaksin akan dilaksanakan mulai Januari-April 2021. Lalu, untuk 23.000 tenaga kerja kesehatan yang sudah mendaftar SISDMK nantinya akan diverifikasi ulang. Jika memenuhi persyaratan maka akan langsung menerima SMS dari Telkomsel dengan pedulilindungi.id yang berisi jadwal dan tempay untuk melakukan vaksin.

 

Source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: