Bandung TerkiniJalan-Jalan

Pesona Kampung Religi di Kiaracondong Bandung

BANDUNG – Tak hanya terkenal dengan kulinernya, saat ini Kota Bandung memiliki kampung wisata religi baru bernama Kampung Wisata Syamiil Quran yang terletak di kawasan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Bila datang ke kampung tersebut, maka akan bisa belajar dan melihat pengembangan Al-Quran.

Tak hanya untuk belajar, di Kampung Wisata Syamiil Quram bisa juga melihat proses produksi pembuatan Al-Quran, dari mulai mencetak hingga menyatukan lembar demi lembar kertas menjadi mushaf suci yang biasa dibaca. Lalu bisa diajarkan membaca Al-Quran memakai nada, menghafal Al-Quran dengan ceat hingga menulis Al-Quran.

image source: Humas Kota Bandung

“Bisa dipilih mau hafalan singkat biasanya ¼ halaman, kita ajarin metodenya atau menulis Al-Quran. Kita kasih kesempatan bagaimana melancarkan tangan untuk menulis satu halaman dan pilihan ketiga baca Al-Quran pakai nada,” ungkap Direktur Marketing dan Komunikasi Strategis Syamiil Group M Kh Rahman Ridhatulloh, dilansir Humas Kota Bandung, Selasa (09/03/21).

Kota Bandung memiliki visi misi membangun Bandung yang agamis. Hadirnya Kampung Wisata Syamiil Quran merupakan jawaban dari visi misi tersebut. Namun sayangnya, semenjak Covid-19 wisata religi tersebut harus ditutup sementara dan akan dibuka kembali setelah kondisi kembali normal.

“Kiaracondong punya destinasi wisata berkolaborasi dengan Syamiil Group. Jadi teman-teman dari majelis taklim, sekolah, kampus, bisa datang untuk melihat proses produksi Al-Quran di pabrik langsung, seperti di Madinah,” lanjutnya.

Sebelum pandemi Covid-19, Kampung Wisata Syamiil Quran dibuka setiap hari Rabu dan Kamis dan harus ada reservasi yang dilakukan pengunjung jika ingin mendatangi kampung religi di Kota Bandung.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: