Bandung TerkiniKesehatan

PMI Kota Bandung Kekurangan Stok Darah, Ayo Donor!

BANDUNG – PMI Kota Bandung kekurangan stok darah sejak pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Penyimpanan Darah PMI Kota Bandung Nurjanah. Penurunan terjadi mencapai 80 persen bahkan lebih.

Saat ini PMI Kota Bandung memikirkan berbagai cara bagaimana agar stok darah tidak semakin menipis. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan memberlakukan donor pengganti. Cara kerja donor pengganti yaitu dengan membawa kerabat atau keluarga yang bersedia untuk mendonorkan darahnya.

“Sekarang kita masih memberlakukan untuk donor keluarga atau donor pengganti,” ungkap Nurjanah, dilansir prfm, Selasa (23/03/21).

Stok darah tersebut akan lebih diprioritaskan untuk keperluan-keperluan yang sangat darurat. Oleh karena itu Nurjanah meminta kepada masyarakat Kota Bandung untuk mau mendonorkan darah dan tidak takut untuk mendonorkan darah ketika pandemi. Pasalnya, PMI Kota Bandung sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kami melakukan donor darah ini dengan protokol kesehatan yang ketat baik di tempat PMI Kota Bandung maupun di mobil unit,” lanjutnya.

Perlu diketahui, sisa 20 persen darah yang ada merupakan jenis dari semua darah dan untuk semua golongan darah. Maka ayo donor darah untuk membantu sesama.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: