Berita TerkiniTNI POLRI

Polri: Jika Turnamen Liga Menpora 2021 Tidak Menerapkan Prokes, Bubarkan!

BANDUNG – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah resmi mengizinkan diadakannya turnamen sepakbola Liga Menpora 2021 yang digelar pertama kali pada hari ini, Minggu (21/03/21). Namun terdapat banyak catatan yang diberikan Polri untuk panitia penyelenggara maupun pihak PSSI dan Kemenpora.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono mengatakan jika turnamen harus dilakukan dengan meneraprkan protokol kesehatan secara ketat, sebagaimana yang sudah diarahkan oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Argo menegaskan pihaknya tak segan-segan akan memberhentikan turnamen serta memberi sanksi berat jika tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Harus adanya penegakan aturan yang tegas,” ungkap Argo, dilansir republika, Sabtu (20/03/21).

Catatan yang diberikan Polri untuk izin penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021 yakni semua pertandingan tidak boleh dihadiri oleh penonton secara langsung di stadion, adanya pembatasan jumlah pemain, ofisial, panitia, petugas keamanan, undangan dan awak media di area pertandingan maksimal 299 orang.

Dalam waktu 3 x 24 jam sebelum kegiatan, harus melaporkan ke kepolisian setempat, harus mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh aparat di daerah setempat. Jika terdapat pelanggaran yang sudah dilanggar, maka Polri akan membubarkan atau menghentikan berdasarkan ketentuan hukum.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto menegaskan bahwa pihaknya tak masalah jika nantinya Polri menghentikan pertandingan karena terdapat melanggar protokol kesehatan. Gatot lebih meyakini jika hal seperti itu menjadi tantangan tersendiri bagi persepakbolaan di Indonesia.

“PSSI tuh di challenge, semua pihak ingin tahu bagaimana penerapan protokol kesehatannya,” ungkap Gatot, dilansir Republika, Sabtu (20/03/21).

Protokol kesehatan di sadion sudah dilaksanakan dua kali sebelum dan sesudah, sehingga Gatot meyakini tak ada pelanggaran protokol kesehatan. apalagi sudah ada rapat koordinasi tang dilakukan oleh PSSI, PT LIB dan Polri. Gatot mengharapkan turnamen Liga Menpora 2021 dapat berjalan lancar dan mengobati rasa rindu para pecinta sepakbola nasional.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: