Bandung Terkini

Produk UMKM Kota Bandung akan Go Internasional Melalui BKSAP

BANDUNG – Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bandung berpeluang untuk merambah ke dunia internasional. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua BKSAP (Badan Kerja Sama Antar Parlemen) DPR RI, Fadli Zon ketika menghadiri Diplomasi Parlemen DPR RI di Hotel Mercure City Centre, Kota Bandung, pada Kamis (04/03/21).

Fadli mengatakan melalui perlementer diplomasi diyakini produk-produk UMKM diseluruh kabupaten atau kota dapat menjalin kerja sama dengan negara lain di berbagai bidang atau menjembatani aktivitas dari sister city, sister provinsi, melalui jalur parlemen.

“Kadang-kadang jalur ini lebih bisa dibilang lebih cepat tidak melalui birokrasi yang panjang,” ucap Fadli, dilansir Humas Kota Bandung, Kamis (04/03/21).

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyambut hangat dan gembira dengan adanya BKSAP yang bertujuan untuk mendorong produk UMKM agar terbang ke ranah internasional.

“Kadang-kadang kita Pemda punya keterbatasan melakukan kerja sama dengan pihak luar. Itu harus lewat dewan. Sementara kita rata-rata mendorong UMKM atau apa, mungkin akan lebih leluasa dengan BKSAP,” tutur Yana, dilansir Humas Kota Bandung, Kamis (04/03/21).

Pemkot Bandung sebenarnya telah berhasil mengekspor produk-produk UMKM ke beberapa negara seperti Australia, Afrika, Selandia Baru dan negara-negara lain di Asia. Mungkin jika dengan adanya BKSAP dapat lebih menjangkau negara-negara di benua Amerika dan Eropa.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: