Bandung Terkini

Program Menabung Sampah Menjadi Emas Mendapat Atensi Lebih dari Warga

BANDUNG – Program menabung sampah menjadi emas yang diadakan PD Kebersihan Kota Bandung disambut antusias oleh warga Kota Bandung. Hingga saat ini Bank Sampah Resik PD Kebersihan Kota Bandung telah mengeluarkan 108 keping emas mini untuk para nasabah sejak Desember 2020 lalu.

Emas yang ditawarkan oleh Bank Sampah Resik merupakan emas murni senilai 0,025 sampai 1 gram. Jadi jangan takut jika nantinya merasa dibohongi, karena apa yang sudah disiapkan Bank Sampah Resik memang diperuntukkan bagi warga Kota Bandung yang sudah memilah sampah dengan baik. Ini merupakan bentuk reward pemerintah kepada warga yang sudah mau membantu peduli terhadap lingkungan.

Direktur Bank Sampah Resik, Marina Puspita mengatakan jika program menabung sampah menjadi emas akan mengutamakan para ibu rumah tangga. Serta Bank Sampah Resik menerima penukaran emas untuk diuangkan atau ditukar ke gram yang lebih tinggi.

“Kalau ada yang punya 0,1 gram 10 keping, bisa juga ditukar dengan 1 gram. Atau mau jual lagi bisa kita menerima untuk diuangkan juga,” ujar Marina, dilansir Humas Kota Bandung, Kamis (18/02/21).

image source: Humas Kota Bandung

Jika ingin menjadi nasabah di Bank Sampah Resik terdapat dua proses yang dapat diikuti, yakni menjadi nasabah individu atau nasabah unit yang mempunyai kepengurusan minimal 10 orang.

Untuk warga yang memilih menjadi nasabah individu bisa langsung daftar ke Bank Sampah Resik yang berada di Jalan Babakansari 1 No. 64, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Dengan membawa satu kilogram sampah maka sudah bisa menjadi nasabah Bank Sampah Resik.

Sedangkan proses nasabah unit nantinya akan ada free pengangkutan sampah jika sampah yang sudah dikumpulkan memiliki berat di atas 20 kilogram sampai 50 kilogram.

Sampah yang akan diterima Bank Sampah Resik yakni kardus bekas, PET (botol plastik) bersih dan kotor, gelas minuman, macam-macam plastik, kresek, botol kaca hingga arsip.

Marina menegaskan jika program menabung sampah menjadi emas hanya diperuntukkan bagi warga Kota Bandung. Banyak sekali warga di luar Kota Bandung yang ingin mengikuti program menabung sampah menjadi emas, namun sayangnya warga tersebut tidak bisa terdaftar sebagai nasabah Bank Sampah Resik.

“Kalau kota yang lain mungkin bisa mengadopsi program ini juga, tapi memang program kita khusus di Kota Bandung saja. Bahkan ada juga dari daerah lain yang sampai mau ngekargoin sampahnya,” tegasnya.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: