Bandung Terkini

Rekap PSBB Proporsional: Terdapat Tempat Spa Malam yang Buka Diam-Diam

BANDUNG – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional di Kota Bandung tahap pertama baru saja berakhir pada tanggal 25 Januari, 2021. Selama pelaksanaan PSBB Proporsional dari tanggal 11 Januari-25 Januari 2021, tercatat ada 31 pelaku usaha yang mendapatkan sanksi akibat melanggar Perwal No. 1 tahun 2021, terutama tentang waktu operasional.

“Jam operasional ada yang membuka lebih awal dan ada yang mereka masih berkegiatan setelah jam opersional dinyatakan berakhir,” ujar Kepala Bidang PPHD (Penegakan Produk Hukum Daerah) Satpol PP Kota Bandung, Idris Kuswandi, dilansir Humas Kota Bandung, Selasa (26/01/21).

Dari 31 pelanggar, ada 10 tempat yang disegel, seperti kafe, restoran dan tempat hiburan malam (karaoke, diskotik). Bahkan ada spa atau massage yang masih coba-coba membuka lewat dari waktu yang sudah ditentukan.

Dilansir Humas Kota Bandung, total denda yang terhimpun dua pekan selama pelaksanaan PSBB Proporsional yaitu sebesar Rp. 15 juta. Idris langsung sigap mengatakan jika total denda tersebut langsung disetorkan ke kas daerah.

Selama berjalan dua minggu, para pelanggar hanya diberikan sanksi penyegelan tempat dan denda. Tidak ada yang mendapatkan sanksi berat seperti penutupan tempat usaha atau pencabutan izin, hal itu lantaran tidak ada tempat yang melakukan pelanggaran secara berulang.

Sementara itu, untuk menekankan terjadinya kembali pelangaran selama perpanjangan PSBB Proporsional sampai 8 Februari 2021, pihaknya akan terus melakukan edukasi, sosialisasi dan memeriksa protokol kesehatan.

“Kita juga akan mendorong Satgas tingkat kecamatan dengan kelurahan untuk lebih tegas, sebagaimana perwal. Mereka punya kewenangan yang hampir sama,” lanjutnya.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: