Bandung TerkiniPendidikan

Rumah Sakit di Bandung Terima Pasien Anak Kecanduan Gadget, Pemkot Bandung akan Berinovasi Terkait PJJ

BANDUNG – Sudah setahun lamanya anak-anak sekolah belajar menggunakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Ada poin plus dan minus ketika PJJ diberlakukan bagi anak-anak. Namun rupanya poin minus semakin hari semakin bertambah, salah satunya saat ini rumah sakit di Kota Bandung telah menerima pasien anak kecanduan gadget dan game online. Itu berarti ada salah arti dalam kegiatan PJJ yang selama ini dilakukan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengiyakan jika terlalu lama bermain gadget dapat berakibat fatal bagi anak-anak yang berada di bawah umur. Oleh karena itu, Pemkot Bandung tengah menyiapkan program untuk memberikan inovasi baru terkait PJJ.

“Mudah-mudahan bertahap lah untuk pembelaaran tatap muka, jadi ada variasi ya, materi-materi yang harus praktik yaitu dilakukan secara luring, jadiga gawai banget gitu ya,” ungkap Yana, dilansir suarajabar, Senin (22/03/21).

Yana beranggapan mau tidak mau dan suka tidak suka bagaimanapun memang PJJ dirasa hal yang paling tepat ketika pandemi. Tentunya PJJ akan lebih baik jika ada pengawasan yang dilakukan masing-masing orang tua di rumah, karena ketika PJJ orang tua lebih berperan lebih aktif dalam kegiatan belajar siswa.

Penkot Bandung mengimbau kepada seluruh orang tua untuk membatasi anak untuk menggunakan gadget, karena kecanduan gadget akan membawa efek yang sangat parah, seperti tidak bisa kontrol emosi, tak ada niat untuk belajar dan kerusakan pada organ tubuh terutama mata.

“Cukup banyak di ponsel itu yang bisa membatasi penggunaan gawai ntuk hal yang tidak penting. Memang tak bisa dihindari, kan kita juga berkegiatan pakai zoom meeting,” lanjutnya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: