Berita TerkiniTeknologi

Samsung Galaxy S21, Awal Jaringan 5G di Indonesia

BANDUNG – Samsung Galaxy S21 Series akan mejadi smartphone 5G Samsung pertama yang ada di Indonesia, Minggu (24/01/21). Samsung Galaxy S21 5G menggunakan teknologi Sub-6 yaitu teknologi 5G yang menggunakan frekuensi di bawah spektrum 6 GHz.

Namun, sayang sekali jika fitur 5G Galaxy S21 masih belum bisa digunakan di Indonesia, lantaran penerapan layanan dan komesialsasi jaringan 5G di Indonesia belum dimulai. Dilansir dari infokomputer, jika frekuensi 5G yang disiapkan di Indonesia adalah 2,3 GHz, yang artinya termasuk dalam Sub-6. Hal tersebut memberikan perbedaan antara Samsung Galaxy S21 5G yang diliris dengan S21 5G di beberapa negara lain yang menggunakan teknologi mmWave.

Teknologi Sub-6 sendiri saat ini sudah diadopsi oleh beberapa negara di dunia, sebagai langkah awal menggelar jaringan 5G, seperti Amerika Serikat, China, Uni Eropa, Jepang, dan Korea Selatan.

Saat ini ada dua spektrum frekuensi 5G yang digunakan di seluruh dunia, yaitu mmWave dan sub-6GHz. MmWave mengacu pada spektrum frekuensi radio antara 24 GHz-40 GHz.

Frekuensi itu menghasilkan bandwidth yang sangat besar dan diklaim memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Sementara Sub-6 merujuk pada frekuensi mid dan low di bawah spektrum 6 GHz.

Pemerintah Indonesia sendiri sejatinya telah mempersiapkan pita frekuensi middle band 2,6 Ghz – 3,5 Ghz sebagai tempat ideal untuk menggelar 5G. Namun, pita frekuensi 2,3 Ghz dianggap pemerintah Indonesia masih layak untuk digunakan menggelar jaringan generasi kelima tersebut.

Di samping kesiapan operator telekomunikasi, 5G perlu didukung oleh ekosistem perangkat yang bisa tersambung ke jaringannya.

Soal ini, beberapa produsen chip juga mulai menelurkan referensi desain untuk smartphone 5G. Namun, ketersediaan perangkat tentu bergantung pada masing-masing pabrikan.

source: infokomputer

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: