Berita TerkiniEkonomi

Sederet Contoh Dokumen yang Wajib Menggunakan Materai Rp. 10.000

BANDUNG – Materai bernilai Rp. 10.000 akan menjadi bea materai yang baru menggantikan bea materai sebelumnya Rp. 3.000 dan Rp. 6.000. Aturan terkait bea materai baru ada di dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 yang diteken pada 26 Oktober 2020 lalu. Lalu materai Rp. 10.000 dipergunakan untuk dokumen seperti apa? Dikutip dari UU Nomor 10 Tahun 2020, bea materai Rp. 10.000 dikenakan atas dokumen:

  1. Surat perjanjian, surat keterangan, surat pernyataan atau surat lain yang sejenis beserta rangkapnya;
  2. Akta notaris beserta grosse, salinan dan kutipannya;
  3. Akta Pejabat Pembuat Akta Tanah beserta salinan dan kutipannya;
  4. Surat berharga dengan nama dan dalam bentuk apapun;
  5. Dokumen transaksi surat berharga, termasuk dokumen transaksi kontrak berjangka, dengan nama dan dalam bentuk apapun;
  6. Dokumen lelang yang berupa kutipan risalah lelang, minuta risalah lelang, salinan risalah lelang dan groose risalah lelang
  7. Dokumen yang menyatakan jumlah uang dengan nilai nominal lebih dari Rp. 5.000.000 yang menyebutkan penerimaan uang atau berisi pengakuan bahwa utang seluruhnya atau sebagiannya telah dilunasi atau diperhitungkan;
  8. Dokumen lain yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah;
  9. Dokumen alat bukti pengadilan.

Saat ini banyak sekali dokumen yang berbentuk digital atau elektronik. Menurut UU ITE kedudukan dokumen digital sama dengan dokumen kertas. Maka dari itu ada yang dinamakan e-materai atau materai elektronik, hanya saja dokumen elektronik tidak tercakup dalam UU Bea Materai yang dibuat tahun 1985.

“e-materai seperti pulsa. Jadi ada code generator yang dibuat 1 sistem. Nah coe generator ini yang akan nanti disalurkan melalui channeling. Code generator akan diisikan semaam wallet, di mana itu akan berisi total nilai materai yang sudah dibayar,” ujar Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi DJP Kemenkeu Iwan Djuniardi, dilansir detik.

Jika Anda masih memiliki stock materai Rp. 3.000 dan Rp. 6.000 jangan khawatir dan jangan risau. Karena dua nilai materai itu masih bisa digunakan dan masih berlaku sampai akhir 2021 mendatang.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: