Berita TerkiniOtomotif

Sekarang Belok Kiri Langsung Sudah Tidak Berlaku, Ikuti Lampu Lalu Lintas

BANDUNG – Polisi Republik Indonesia mengimbau kepada seluruh pengendara yang ada di Indonesia, untuk menerapkan aturan baru yang berlaku saat ini yakni mengenai larangan untuk belok kiri langsung, karena saat ini aturan belok kiri langsung sudah tidak berlaku.

Pemerintah sudah mengeluarkan Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sesuai Pasal 112 ayat 3 yang berbunyi “pada persimpangan jalan yang dilengkapi alat pemberi isyarat lalu lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas atau alat pemberi isyarat lalu lintas”.

Sehingga dapat disimpulkan jika pengendara yang akan berbelok kiri harus tetap mentaati lampu lalu lintas yang sedang berjalan. Kecuali sudah ada kemudahan berbelok kiri seperti yang ada di Jalan Pasteur ataupun jalan-jalan lain yang ada di Kota Bandung.

PP Nomor 43 Tahun 1993, Pasal 59 ayat 3 yang berbunyi “pengemudi dapat langsung belok ke kiri pada setiap persimpangan jalan, kecuali ditentukan lain oleh rambu-rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas pengatur belok kiri”, sudah dinyatakan TIDAK BERLAKU.

Mulai sekarang bagi pengendara motor atau mobil jangan asal belok kiri ketike melewati persimpangan, lihat dulu ada rambu atau imbauan untuk langsung atau harus berhenti menunggu lampu hijau menyala.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: