Berita TerkiniNasionalPendidikan

Sekolah Tatap Muka akan Dibuka Mulai Juli 2021 Secara Bertahap

BANDUNG – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ingin sekolah dapat dibuka kembali mulai Juli 2021. Hal tersebut dilakukan karena vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga pendidik serta guru akan mulai dilaksanakan. Pemerintah menargetkan lima juta guru di Indonesia melakukan suntik vaksin hingga Juli 2021.

Menanggapi keinginan Presiden tersebut, Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri mengatakan jika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang memastikan dan mengusahakan pembelajaran tatap muka segera dilaksanakan.

“Secara bertahap diusahakan di semester ini sudah dibuka,” ujar Jumeri, dilansir cnnindonesia, Kamis (25/02/21).

Jumeri mengatakan jika pembelajaran tatap muka diharapkan menjadi kampanye protokol kesehatan di sekolah bagi guru maupun siswa. Nantinya Kemendikbud mewajibkan sekolah untuk menyiapkan standar operasional maupun fasilitas untuk menjaga kesehatan lingkungan.

Akan tetapi, Jumeri tidak menjelaskan bagaimana tahap untuk mengadakan pembukaan sekolah di masa pandemi Covid-19 ini. Hanya saja Jumeri meminta agar pihak sekolah nantinya dapat berkomunikasi dengan fasilitas kesehatan terdekat dan harus ada komunikasi yang intensif antara pihak sekolah dan wali murid.

“Masa pembelajaran tatap muka digunakan untuk kampanye menjaga kesehatan bagi guru dan siswa, galakan penyuluhan kepada siswa agar meningkat kesadarannya akan protokol kesehatan,” pintanya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: