Berita TerkiniJawa Barat

Seluruh Korban Longsor Cimanggung Ditemukan, Jokowi akan Datang ke Sumedang

BANDUNG – Korban bencana longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, kembali ditemukan Senin (18/01/21) malam, tepatnya pukul 21.13 WIB. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan jika 40 orang yang hilang ketika longsor sudah ditemukan semuanya, setelah melakukan pencarian selama 10 hari.

“Data ini sesuai dengan laporan warga yang kehilangan keluarga dan kerabatnya akibat kejadian longsor tersebut,” ungkap Pusdatin Komunikasi Kebencanaan BNPN, Raditya Jati, dikutip dari merdeka.com, Selasa (19/01/21).

Sementara itu Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah menyatakan resmi dihentikan karena seluruh korban yang terlapor hilang sudah ditemukan semua.

“Malam ini adalah pencarian terakhir dari penambahan waktu 3 hari alhamdulillah di penambahan hari ke 10 ini seluruh korban berhasil ditemukan,” ujar Deden, dikutip dari merdeka.com, Senin (18/01/21).

Meskipun operasi SAR telah dihentikan, namun tim gabungan akan kembali melakukan evakuasi pencarian korban jika ada masyarakat yang melaporkan kerabat atau keluarga yang hilang akibat longsor.

“Secara data pencarian telah selesai, tetapi jika ada masyarakat yang melaporkan kehilangan keluarga dan kerabatnya akibat longsor ini, kamu akan sikapi dan tindaklanjuti,” tegas Deden.

Sementara itu dilansir wowkeren.com, Gubernur Jawa Barat mengabarkan jika Presiden RI Joko Widodo akan datang ke Kabupaten Sumedang untuk meninjau langsung lokasi dan korban longsor.

“Mudah-mudahan kabar Bapak Presiden akan datang ke Sumedang minggu ini bisa menjadi berita yang melegakan dan menggembirakan,” ungkap Kang Emil, dikutip dari wowkeren.com, Senin (18/01/21).

Berdasarkan data Pusdalops BNPB, sebanyak 1.119 warga masih mengungsi di Lapangan Taman Burung dan mengungsi mandiri di tempat kerabat yang aman dari dampak longsor.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: