Berita Terkini

Serda Aprilio Perkasa Manganang Telah Resmi Menjadi Seorang Pria

BANDUNG – Serda Aprilio Manganang telah resmi tercatat sebagai pria, setelah sebelumnya melakukan pemeriksaan baik itu secara psikis maupun jasmani. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, menuturkan sebelum dinyatakan sah sebagai seorang pria di TNI AD, Aprilio sudah menjalani sejumlah test.

“Pertama, yang diperlukan oleh Lanang (panggilan Aprilio Manganang) adalah corrective surgery kedua, yang dijadwalkan oleh tim dokter 4 sampai 6 bulan dari yang pertama. Yang pertama kemarin 1 Maret. Itu prioritas pertama. Tapi itu kan secara fisik,” ungkap Andika, dilansir detikcom, Jumat (19/03/21).

Selanjutnya setelah dinyatakan resmi sebagai seorang pria, Aprilio akan mendapatkan pengawalan dan pendampingan terkait kondisi psikis agar menjadi lebih baik. Karena Andika yakin ada rasa kaget yang dirasakan Aprilio ketika dinyatakan telah berubah kelamin dan status dimata negara.

“Secara psikis, saya yakin tidak akan terlalu gampang. Oh tadi pagi perempuan, sekarang laki-laki. Saya yakin, saya perlu ngawal dia supaya secara psikis transisi ini smooth,” lanjutnya.

Aprilio mengidap hipospadia sejak lahir, yakni kelainan pada alat kelamin yang membuat dirinya disangka sebagai perempuan. Ternyata setelah diselidiki lebih dalam, hormon pria yang ada pada dirinya lebih menonjol dibanding hormon wanita.

Sementara itu, Pengadilan Negeri Tondano, Minahasa, Sulawesu Utara telah memutuskan status jenis kelamin prajurit TNI AD Serda Aprilia Santini Manganang berganti menjadi pria dan berubah nama menjadi Serda Aprilio Perkasa Manganang.

“Menetapkan jenis kelamin pemohon Aprilia Santini Manganang semula berjenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki. Menetapkan pergantian nama pemohon yang semula bernama Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang,” ungkat Pengadilan Negeri.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: