Bandung TerkiniBobotoh

Sikap Persib Bandung Terkait Pembatalan Liga 1 2020

BANDUNG – PSSI mengumumkan Liga 1 2020 resmi dibatalkan usai diambil keputusan dalam rapat komite eksekutif (Exco) PSSI, Rabu (20/01/21). Setelah hampir hendak setahun terhenti, keputusan tersebut sudah diketuk palu dan tidak bisa diganggu gugat.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam laman resmi federasi mengatakan jika mengumuman itu sudah pasti.

“Berdasarkan masukan dan kemudia Exco PSSI membahasanya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dibatalkan,” ungkapnya dikutip dari bolasport.com, Rabu (20/01/21).

Menanggapi hal tersebut, klub kesayangan Kota Bandung Persib Bandung langsung memberikan reaksi terkait pembatalan liga. Dalam laman resmi klub persib.co.id, official seluruh pemain, pelatih, staff dan manajemen memberikan official statement, yang berbunyi:

“Sampurasun, 

Semoga semua dalam keadaan sehat selalu. 

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan membatalkan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020. Keputusan tersebut diambil melalui rapat Exco PSSI, Rabu, 20 Januari 2021.

Keputusan itu sudah pasti berdampak pada semua klub sebagai peserta kompetisi, tak kecuali PERSIB.

Bagi PERSIB, dibatalkannya kompetisi 2020 karena kondisi kahar (force majeure), pandemi Covid-19, bagai buah simalakama. Ada dua sisi yang terasa. 

Apalagi, setelah Pangeran Biru menjalani persiapan hingga dengan penuh perjuangan dan pengorbanan menjalani Liga 2020. Sebelum dihentikan, PERSIB juga menjadi satu-satunya tim meraih poin sempurna.

Tak hanya itu, klub pun pasti mengalami kerugian secara finansial, waktu, tenaga dan lainnya. PERSIB pun menerima itu sebagai sebuah risiko.  Apalagi, hal itu sudah menjadi keputusan akhir PSSI sebagai induk sepakbola Indonesia. 

Yang terpenting adalah, pengorbanan besar yang dilakukan semua pihak untuk sepakbola Indonesia selama ini tak boleh sia-sia.  

PERSIB berharap, pemangku kebijakan secepatnya memberikan kepastian untuk menatap hari-hari ke depannya. Apalagi, keputusan pembatalan kompetisi 2020 itu tak dibarengi dengan rencana terdekat yang akan dilakukan.

Sebab, sebagai klub sepakbola profesional, PERSIB hidup dari kompetisi dan kegiatan sepakbola. Perlu adanya kepastian jadwal Liga 2021 dan PSSI melakukan aktivasi kegiatan sepakbola selama menunggu dimulainya kompetisi Liga 2021.

Waktu yang ada pun harus dimaksimalkan dalam penyusunan kalender kompetisi. Mengikuti jadwal sepakbola Eropa bisa menjadi pertimbangan.

Jadi, Liga 2021 sebaiknya bisa dilakukan sesuai jadwal kalender Eropa pada bulan Agustus atau September. Untuk mengisi kekosongan waktu, sambil menunggu dimulainya liga, PSSI/LIB diupayakan mengadakan turnamen atau sejenisnya. 

Sepakbola Indonesia harus lebih baik. 

#NGAHIJI #MENANGBERSAMA”

Selain itu, Pelatih Persib Bandung Robert Alberts mengatakan jika tak kaget mendengar keputusan yang diambil PSSI dari hasil rapat Exco. Serta menurut Robert ini merupakan keputusan yang tepat walau terlambat.

“Keputusan untuk tidak melanjutkan Liga 1 2020 dalam pandangan saya adalah keputusan yang tepat. Sehingga, sekarang kita semua bisa fokus kepada hal lain, hal yang lebih positif,” ucapnya dilansir persib.co.id

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: