Bandung Terkini

Sudah Dua Kali Disuntik Vaksin, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna Terkonfirmasi Positif Covid-19

BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Selasa (09/03/21) kemarin. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Ahyani Raksanagara. Saat ini (10/03/21), Ema sedang menjalani perawatan di RSKIA Bandung, Jalan Raya Kopo No. 331, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung.

Sebelumnya Ema sudah melakukan dua kali vaksinasi Covid-19, tepatnya pada tanggal 14 dan 28 Januari 2021, namun Ahyani menuturkan jika hal tersebut tak menjamin penerima vaksin dapat terbebas dari Covid-19. Vaksinasi dilakukan hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki kekebalan terhadap virus. Ia mengatakan jika tak ada vaksin yang mampu menjamin bebas 100 persen dari virus.

“Mengapa tidak 100 persen dapat menjaga kekebalan? Karena banyak faktor. Secara medis hal tersebut dapat terjadi. Jadi seseorang yang diberi vaksinasi akan memiliki daya tahan untuk menangkal kepada virus itu jauh lebih besar daripada yang tidak divaksin. Sehingga kalau kena, dia gejalanya ringan, tidak jatuh ke yang berat,” tutur Ahyani, dilansir Humas Kota Bandung, Rabu (10/03/21).

Banyak faktor yang akan mempengaruhi seseorang bisa terpapar Covid-19, seperti virulensi kuman, kondisi tubuh dan faktor lingkungan. Vaksinasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah dan bisa membuat orang yang terpapar menjadi lebih cepat pulih.

Sementara itu, menanggapi Sekda yang terpapar Covid-19, Wali Kota Bandung Oded M. Danial langsung mewacanakan untuk menunjuk pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Kota Bandung. Karena tetap roda pemerintahan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Saya akan berkoordinasi dengan pak wakil dan BKPP untuk membahas plh,” ujar Oded, dilansir Humas Kota Bandung, Rabu (10/03/21).

Sebagai penyintas Covid-19, Oded meminta Ema untuk beristirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan berolahraga rutin. Ia meminta Ema fokus memulihkan kondisi tubuhnya dan mendoakan Ema agar cepat pulih.

Kasus yang menimpa Sekda Kota Bandung, membuat Oded meminta kepada warga Kota Bandung untuk lebih menerapkan protokol kesehatan, begitupun dengan orang yang sudah divaksin. Tingkat kewaspadaan jangan sampai kendor.

“Vaksin tidak menjamin bisa kebal dari virus. Sehingga harus tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: