Berita TerkiniJawa Barat

Sumber Air di Kabupaten Bandung Tak Bisa Mencukupi Kebutuhan Masyarakat

BANDUNG – Kabupaten Bandung merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak sumber mata air, Karena Kabupaten Bandung merupakan daerah pegunungan, sehingga tak heran jika memiliki banyak sumber mata air. Namun, ternyata 17 persen masyarakat Kabupaten Bandung belum memiliki akses mudah dalam mendapatkan air bersih.

Mengapa bisa terjadi demikian?

Dilansir ayobandung, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bandung Marlan mengatakan jika melimpahnya sumber mata air di Kabupaten Bandung tak dikelola dengan baik, sehingga masih ada beberapa masyarakat yang belum mendapatkan air bersih.

“Kalau sumber air bersih kita diperuntukkan bagi masyarakat sendiri, akan sangat mencukupi,” ujar Marlan, dilansir ayobandung, Jumat (05/03/21).

Tentu saja ketika menginginkan sumber air bersih yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari, harus ada pembangunan infrastruktur yang mendukung mengalirnya air bersih dari pegunungan ke rumah-rumah masyarakat. Namun masalah yang terjadi ternyata, jika ingin ada saluran air bersih seperti PDAM harus ada investasi yang sangat besar. Sedangkan Kabupaten Bandung belum bisa mewujudkan hal tersebut.

Saat ini, sebagian sumber air bersih yang dikelola digunakan untuk mencukupi kebutuhan air bagi daerah lain seperti Kota Bandung dan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung belum bisa mengimbangi hal tersebut.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: