Bandung TerkiniCovid-19

Syarat Menjadi Pendonor Plasma Konvalesen

BANDUNG – Salah satu cara mengobati pasien positif covid-19 yaitu dengan cara pendonoran plasma darah. Karena diyakini bisa menyembuhkan para pasien covid-19 maka membuat stock plasma darah semakin menipis. Untuk mencegah kosongnya plasma darah, maka PMI Kota Bandung membuka donasi bagi masyarakat yang ingin mendonorkan plasmanya.

Namun tak semua orang bisa langsung menjadi pendonor, dilansir dari merdeka.com, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Bandung Uke Muktimanah mengatakan ada beberapa syarat bagi masyarakat yang ingin mendonorkan plasma darah.

Berikut syarat-syaratnya:

  1. Bukan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan sudah pernah dirawat di rumah sakit

Diharuskan untuk orang yang pernah dirawat di rumah sakit yang boleh mendonorkan plasma darah. Hal ini bertujuan untuk memberikan terapi guna meningkatkan antibodi bagi pasien covid-19 yang tengah dirawat.

  1. Badan harus sehat dengan hasil tes negatif

Harus membuktikan bukti test PCR dengan hasil negatif dan mengikuti beberapa tahapan tes pemeriksaan lanjutan. Waktu pendonoran adalah  2 sampai 12 minggu setelah dinyatakan sembuh dan berusia 18-60 tahun dengan berat badan di atas 50 kg

  1. Metode pengambilan

Akan menggunakan metode apheresis yang dibantu menggunakan mesin, mirip dengan pengambilan trombosit di dalam darah. Setelah itu maka mesin khusus tersebut nantinya bisa mengumpulkan plasma konvalesen.

  1. Gerakan nasional pendonor plasma konvalesen

Pada 18 Januari 2021, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, Kepala BNPN Doni Monardo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menko PMK Muhadjir Effendy telah mencanangkan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: