Berita TerkiniJawa Barat

Tanah Longsor Kembali Menimpa 3 Desa di Kabupaten Bandung

BANDUNG – Musibah tanah longsor kembali menerjang Jawa Barat, khususnya Desa Wanasuka, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Longsor pertama terjadi pada Rabu (10/02/21), lalu terjadi longsor susulan pada Jumat (12/02/21) dan Sabtu (14/02/21).

Dilansir ayobandung, longsor Wanasuka sempat menimbulkan percikan api karena adanya gesekan material longsoran yang didominasi oleh bebatuan. Para warga Desa Wanasuka berbondong-bondong untung mengungsi, ditakutkan akan terjadi longsor susulan.

“Jarak lokasi longsor ke pemukiman di Kampung Cipanas sekitar 650 meter. Ada 161 Kepala Keluarga yang mengungsi, khususnya perempuan. Kalau laki-laki masih di rumah dan sudah diimbau untuk waspada,” ujar Kepala Bidang Kedaratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Enjang Wahyudin, dilansir ayobandung, Minggu (14/02/21).

Sementara itu, di Desa Mekarwangi, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung dan di Desa Sukawening, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung pada Sabtu (13/02/21) terjadi tanah longsor.

Di Desa Mekarwangi, tebing setinggi enam meter ambrol dan mengancam dua rumah yang berada dibawahnya. Sementara di Desa Sukawening longsor menyebabkan jalan desa terancam tak bisa digunakan untuk sementara waktu.

Kejadian longsor di Kabupaten Bandung memang tak ada korban jiwa, namun Enjang berharap warga sekitar tempat kejadian untuk selalu waspada terutama saat turun hujan.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: