Berita TerkiniOtomotif

Ternyata Ini Alasan Truk Sering Terguling!

BANDUNG – Kerap sekali menemukan kecelakaan truk terguling atau kecelakaan tunggal. Terkadang hal seperti ini membuat kemacetan di jalan raya dan menghambat arus lalu lintas. Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan truk mudah terguling disebabkan pusat gravitasi tinggi, berbeda dengan mobil lain pada umumnya.

Sebagai pengemudi truk tentu saja harus menjaga keseimbangan badan truk. Ketika sedang mengendarai truk berbeda sekali dengan mengendarai mobil kecil. Maka dari itu, tak semua orang bisa menyetir truk.

“Pusat gravitasi truk yang tinggi membuat pengemudi butuh keahlian khusus untuk mengatur kecepatan saat bermanuver,” ungkap Marcell, Minggu (17/01/21) seperti dilansir kompas.com

Truk mudah oleng jika pengemudi masih menganggap mengemudikan truk sama saja dengan mengemudikan kendaraan kecil atau tidak ada keahlian yang dimiliki pengemudi tersebut.

Marcell melanjutkan saat mobil menikung, maka aka nada gata sentrifugal karena adanya gerak melingkar dari gerakan kendaraan. Efeknya, bobot kendaraan berpindah ke sisi berlawanan dari arah berbelok. Semakin tinggi dimensi truk maka gata sentrifugal akan semakin besar.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: