Berita TerkiniCovid-19

Test Anal: Test Pendeteksi Covid-19 yang Terbaru Namun Belum Teruji

BANDUNG – Indonesia dikejutkan dengan test baru untuk mengetahui covid-19, yakni swab anal atau deteksi usap covid-19 melalui lubang anus. Ahli biologi molekuler, Ahmad Rusdan Utomo mengatakan jika tidak ada test covid-19 yang lebih akurat dibandingkan PCR test dan Swab antigen.

“Ini lebih kepada untuk kelengkapan diagnosa saja, tidak bisa menggantikan rapid antigen dan PCR,” ungkap Ahmad, dilansir cnnindonesia.com, Jumat (29/01/21).

Tingkat keakuratan tes anal kurang dari 40 persen, sehingga tak bisa dijadikan pilihan. Lalu Ahmad membenarkan jika menggunakan test anal tidak akan sakit, namun ada sisi malu ketika harus melakukan test anal karema harus membuka area private.

“Semoga tidak terjadi pelecehan saja, soalnya kan membuka aurat,” lanjutnya.

Menurut Ahmad dilansir cnnindonesia.com, virus covid-19 umumnya ditemui pada saluran pernapasan atas, kemudian pernapasan bawah lanjut ke pencernaan hingga berakhir ke saluran pembuangan.

China dilaporkan sudah melakukan test anal, namun di Indonesia masih harus dikaji penggunaannya. Indonesia saat ini lebih memfokuskan kepada kasus-kasus baru pasien covid-19 dan belum mengembangkan tracing jenis ini.

Test anal membutuhkan penyeka kapas sepanjang 3 sampai 5 sentimeter. Kapas itu dimasukkan ke dalam anus, lalu diputar dengan lembut.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: