Berita TerkiniPendidikan

Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan 2021 Resmi Ditiadakan

BANDUNG – Resmi, pemerintah menetapkan jika Ujian Nasional (UN) 2021 ditiadakan. Hal tersebut dilakukan karena masih meningkatnya kasus pandemi Covid-19 di Indonesia. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada tanggal 1 Februari 2021.

“Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan,” bunyi Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021.

Ditiadakannya UN 2021, maka pelaksanaan UN dan Ujian Kesetaraan tidak akan menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, penentuan kelulusan dilakukan melalui:

  1. Menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester
  2. Memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik
  3. Mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang dilakukan dalam bentuk: (a) Portfolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan dan sebagainya); (b) Penugasan; (c) Tes secara daring; (d) Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan

Selain ujian yang ditiadakan, peserta didik menengah kejuruan dapat mengikuti kompetisi keahlian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: