Berita TerkiniCovid-19

Vaksin Covid-19 dapat Membuat Penis Membesar? Hoax!

BANDUNG – Santer terdengar di media sosial bahkan media online mancanegara jika efek samping dari vaksin covid-19 yaitu dapat memperbesar ukuran penis sekitar 3 inci atau hampir 8 cm. Namun hal tersebut langsung ditepis dan dikatakan berita hoax.

“Dalam sebuah jurnal terbitan Inggris misal, vaksin Sinovac disebutkan memberi efek samping pembesaran alat kelamin. Lelaki yang sudah disuntik vaksin buatan China akan membuat alat vital memanjang sampai 3 inci atau 8cm,” kutipan dari jurnal berbahasa Inggris yang dilansir healt.detik.com

Beberapa fakta yang terangkum seputar hoax vaksin dan pembeasr penis:

  1. Dibantah BPOM

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari BPOM, Lucia Rizka Andalusia mengatakan jika tidak ada jurnal ilmiah yang mengatakan hal seperti itu dan vaksin yang diberikan bukan rekombinan.

  1. Bersumber artikel palsu

Media CNN melampirkan gambar seolah-olah tangkapan layar berisi artikel dengan judul “Doctors Encourage Covid-19 Vaccine Injections in Penis”. Penelusuran tersebut dipastikan bahwa artikel yang menjelaskan tidak kredibel atau palsu.

  1. Hoax dibuat dengan aplikasi online

Bisa saja berita ini dibuat untuk konten lucu-lucuan atau parodi. Karena diduga pembuatan artikel berasal dari aplikasi yang bisa membuat gambar tangkapan layar yang bisa diubah atau dibuat sendiri.

Diharapkan kepada masyarakat untuk memilah dan memilih artikel atau berita yang kredibel dan jangan langsung percaya begitu saja.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: