Bandung Terkini

Virus “Mematikan” Corona Menyebar Dengan Sangat Cepat

Virus corona kini sedang membuat gempar dunia. Virus ini pertama kali mewabah di Wuhan, China yang disinyalir berasa dari hewan liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan (Huanan Seafood Market). Pasar tersebut merupakan tempat jual beli hewan yang jarang ditemui di pasaran biasanya.

Virus corona merupakan virus jenis baru yang mulai menyebar. Penyebaran virus ini sangat cepat, hingga kini pada Sabtu (25/1) pemerintah China mengumumkan ada 41 orang yang meninggal dunia dari 1.300 kasus yang sudah terinfeksi.

Berbagai negara langsung menyikapi penyebaran virus corona, di Indonesia sendiri Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan 135 termoscanner yang dipasang di pintu keluar masuk negara. “135 pintu negara baik udara, laut, maupun darat yang jaga petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan. Yang paling awal bisa dideteksi adalah denga termoscanner untuk mendeteksi suhu tubuh,” ujar dr. Anung Sugihantono, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes

Sudah ada negara yang kedatangan virus ini, seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Thailand, Vietnam bahkan negara tetangga yaitu Singapura.

Dilansir The Straits Time, seorang pria lanjut usia dipastikan positif terinfeksi virus corona setelah datang ke Singapura dari Wuhan, China. Ia diketahui menumpang pesawat China Southern Flight CZ351 yang mengudara melalui Guangzhou.

Maka dari itu pemerintah Indonesia langsung sigap agar tidak ada turis maupun warga negara Indonesia  yang terinfeksi virus mematikan ini. Serta tetap harus menjaga pola hidup sehat untuk meminimalisir terinfeksi.

Reporter: Fathya Nurul

Editor: Fathya Nurul

Source: Kompas.com

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: