Berita TerkiniCovid-19

Virus Mutasi Corona B117 Menular Lebih Cepat Tapi Belum Teruji Mematikan

BANDUNG – Indonesia sedang dihebohkan dengan virus corona yang bermutasi menjadi virus corona B.117 asal Inggris. Untuk meredakan kepanikan yang terjadi, Juru Bicata Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan jika virus corona B.117 lebih menular namun tak lebih mematikan.

“Kita tahu bahwa dari penelitian di negara lain terkait varian virus corona B117 ini disebutkan lebih cepat menular, namun dia tidak lebih mematikan,” ujar Nadia, dilansir kompas, Senin (08/03/21).

Dilansir kompas, mutase terjadi pada bagian tanduk atau spike virus yang menyebabkan virus lebih mudah masuk ke sel sasaran, sehingga penularannya akan lebih cepat dibanding varian virus yang lama.

Lalu belum ada penelitian yang menunjukkan jika vaksin Covid-19 tidak mampu melindungi manusia dari mutasi virus corona B117. Nadia menekankan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Karena dari 2 kasus Covid-19, saat ini sudah bertambah lagi menjadi 4 kasus yang kita temukan, kita imbau masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan,” lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada penambahan empat kasus infeksi virus corona B117. Ditemukan di Palembang pada 11 Januari 2021, Kalimantan Selatan 6 Januari, Balikpapan 12 Februari dan Medan 28 Januari.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: