Berita TerkiniJawa Barat

Warga Lembang Kampanye Protokol Kesehatan Bukan dengan Spanduk, Namun dengan Wayang Upit

BANDUNG – Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah bahkan masyarakat untuk saling mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan ketika sedang masa pandemi seperti saat ini. Berbagai macam flyer dan spanduk selalu terpampang jelas dilingkungan sekitar untuk saling mengingatkan. Namun ada yang menarik yang lakukan oleh Herti Ruhiana, warga Kampung Bewak, RT 03, RW 03, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Herti melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan, bukan dengan spanduk namun dengan tayangan wayang upet yang dilakukannya sendiri. Wayang upet yang menemaninya untuk sosialisasi merupakan hasil karya dan produksi sendiri bersama warga lain di tempat tinggalnya.

“Kita berkewajiban juga untuk menyosialisasikan pentingnya prokes pada warga lainnya dan salah satu upayanya dengan pagelaran wayang upet ini,” ujar Herti, dilansir detik, Minggu (14/02/21).

Karakter wayang seperti cepot dan dawala merupakan karakter yang selalu menemaninya ketika sedang bersosialisasi. Tangan terampil Herti sangat lihai ketika menggerakkan para wayang yang menambahkan kesan menarik dan tak biasa. Herti berpendapat jika sosialisasi protokol kesehatan menggunakan cara tersebut terliat lebih menarik dan diperhatikan.

Dilansir detik, sebelum pandemi Herti bekerja sebagai cleaning service di salah satu perusahaan yang ada di Kota Bandung. Namun pekerjaan terus ia tinggalkan karena terkenda dampak pandemi. Akhirnya ia kembali ke kampung halaman membuat kerajinan seperti wayang, dudukan lampu ruang tamu, asbak dengan gambar mobil, dan lain-lain.

“Saya ingin menghibur dan mengingatkan masyarakat, terutama anak-anak agar patuh menjaga keseharan dan terhindar dari Covid-19,” lanjutnya.

Tak jarang Herti selalu didatangi dan dilihat orang disekitarnya karena visualisasinya yang tampak berbeda. Namun Herti tak malu, ia bangga karena niat baiknya untuk memberitahu tentang betapa pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Herti berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia terkhusus masyarakat Lembang untuk selalu peduli kesehatan dan jangan menganggap Covid-19 tak ada.

“Sayangi diri sendiri dan keluarga dengan cara mematuhi protokol keseharan dan melaksanakan 3M. Karena langkah awal untuk memutus mata rantai penyebaran, satu-satunya dengan cara itu,” pintanya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: