Bandung Terkini

Waspada! Potensi Gempa Sesar Lembang, Siapkan Mitigasi Bencana

BANDUNG – Pada periode 2010 hingga 2012, patahan Sesar Lembang telah mengalami 14 kali gempa bumi. Menanggapi hal tersebut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada.

“Pada tahun 2010-2012, BMKG memasang 6 seismograph di sekitar Sesar Lembang, aktivitas Sesar Lembang mulai muncul dengan kekuatan 1,5 hingga 3,4 SR,” ujar Peneliti BMKG Kota Bandung, Rasmid, dilansir republika, Senin (25/01/21).

Rasmid mengatakan jika pada periode tersebut patahan Sesar Lembang aktif. Namun, pasca tahun tersebut kembali tidur. Tipe pergerakan Sesar Lembang adalah strike slip (mengiri) dengan sedikit komponen vertikal. Dari tahun 2012 hingga 2020 tidak ada aktivitas seismik yang terpantau.

Dilansir republika, Rasmid menuturkan jika Sesar Lembang merupakan sesar aktif yang memiliki panjang sekitar 25-29 KM memanjang dari Padalarang melewati Kota Lembang hingga ke Gunung Manglayang dan terbagi menjadi 3 segmen. Berdasarkan kajian paleoseismik, Sesar Lembang pernah mengalami pelepasan energi (gempa bumi) tahun 1600 dengan kekuatan mendekati 6,9 SR.

Berdasarkan perhitungan periode ulang, diperkirakan gempa bumi di Sesar Lembang dengan kekuatan sebesar itu akan teradi sekitar tahun 2100

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: