Berita TerkiniJawa Barat

Wisata Lembang Sudah Tak Tersentuh

BANDUNG – Sejak pandemi covid-19, Lembang sebagai salah satu kunjungan wisatawan di Kabupaten Bandung Barat menjadi sepi peminat. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat, Sri Dustirawati yang menyatakan jika di tahun 2020, wisatawan yang datang ke Lembang hanya tercatat 4 juta orang, berbanding jauh ketika tahun 2019 yaitu 6 juta orang.

“Awalnya kita menargetkan angka kunjungan wisatawan di 2020 sebanyak 7 juta orang baik dari tahun sebelmunya yang hanya 6 juta. Tapi akibat covid-19, realisasi hingga akhir tahun kemarin hanya 4 jutaam,” ungkap Sri, dilansir ayobandung.com, Minggu (24/01/21).

Jika dipersenkan, maka kunjungan wisatawan ke Lembang turun 40 persen. Sri mengatakan jika anjloknya angka wisatawan dikarenakan ada kebijakan PSBB dan ada beberapa tempat wisata yang tutup karena gulung tikar.

Meskipun ada beberapa tempat wisata yang sudah beroperasi, namun nyatanya masih sepi pengunjung. Sri berpendapat hal itu disebabkan oleh tingkat ekonomi masyarakat yang menurun dan merelakan kegiatan berlibur mereka.

“Roda ekonomi masyarakat juga jadi terdampak, seperti yang bekerja di sektor wisata, pelaku seni dan warga lainnya yang mengandalkan perekonomian dari sektor wisata. Jumlahnya ada sekitar 5.000-an orang,” lanjutnya.

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: