Bandung Terkini

YKI dan Pemkot Bandung Bekerja Sama Menekan Kematian Akibat Kanker

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sangat peduli terhadap pasien penderita kanker. Apalagi kanker merupakan penyakit nomor dua di dunia yang sangat mematikan, menurut data dari WHO (World Health Organization). Fasilitas selalu disediakan oleh Pemkot Bandung, seperti promosi kessehatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), serta menyediakan layanan Cerdik (Cek Keseharan Rutin, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Aktivitas Fisik, Diet Seimbang, Istirahat yang Cukup, Kelola Stress).

Pemkot Bandung bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Bandung untuk selalu memberikan edukasi serta memberi bantuan dan pelayanan dalam bentuk home care kepada para penderita kanker.

“Yayasan kanker memberikan program Hospice Home Care, itu mendatangi pasien kanker. Kemudian merawat luka dan kemudian memberikan penguatan keluarga,” tutur Ketua YKI Cabang Bandung Siti Muntamah, dilansir Humas Kota Bandung, Kamis (04/02/21).

Kota Bandung sebagai ibu kota Jawa Barat selalu menerima pasien kanker dari luar kota, maka dari itu YKI cabang Bandung menyediakan rumah singgah gratis bagi para pejuang kanker yang sedang berobat di Kota Bandung.

“Bagi mereka yang tidak punya saudara atau teman, kita menyediakan rumah singgah gratis. Tidak ada biaya sewa, mereka di kasih makan 3x sehari, dikasih tranportasi ke RS,” lanjutnya.

Dilansir Humas Kota Bandung, YKI selalu bekerja sama dengan puskesmas, Kader PKK dan komunitas kanker untuk selalu memberikan edukasi terutama cara mendeteksi kanker sejak dini. Dengan demikian, pada peringatan hari kanker sedunia 2021 masyarakat bisa saling membantu untuk menekan angka kematian akiba kanker.

“Bagi para pejuang kanker, kalian tidak sendiri. Kita bersama, pemerintah Kota Bandung hadir, YKI hadir dan semua stakeholder yang ada di Kota Bandung. Untuk itu, jangan menutup diri dan tetap semangat,” pintanya.

source: Humas Kota Bandung

Related Articles

Back to top button
%d bloggers like this: